Senin, 11 Maret 2019

Naik Kereta Api Jakarta-Bandung Cuma 14ribu!!!

Buat kalian yang lagi merencanakan liburan seru bareng pasangan, keluarga, ataupun teman. Aku punya info keren nih buat kamu yang pingin liburan tapi pingin irit juga alias liburan murah layaknya backpacker handal. Kali ini aku merekomendasikan liburan murah naik kereta ke Bandung. 


Kalo kita pingin ke Bandung so pasti banyak dong pilihan transportasinya, macem-macem pula...ada yang menggunakan bus, kendaraan pribadi, sampai kereta api. Untuk cerita aku kali ini, khusus menggunakan jalur kereta api. Selain efisien waktu juga efisien tenaga lah. Secara kan kita tiap hari sering berkutat dengan macet apalagi buat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Udah jadi makanan sehari-hari kan macet itu.



Nah beberapa hari yang lalu aku memutuskan untuk mengambil cuti 2hari. Dan saat itu pilihan aku jatuh ke Bandung. Selain Bandung jaraknya gak terlalu jauh, juga aku ingin mencoba backpacker di kota kembang yang menawan ini. Semakin banyak tempat wisata yang baru-baru di Bandung. Itu juga yang membuat aku yakin buat liburan di Bandung. Terus saat aku lagi asik browsing tentang destinasi wisata Bandung tiba-tiba nemu artikel tentang harga tiket kereta api Jakarta-Bandung cuma 14ribu rupiah menggunakan kereta api ekonomi. Wow.. amazing bangett. Karena aku penasaran banget membuktikan bener gak cuma 14ribu saja. Eh beneran ada dong!. Rutenya dari Stasiun Tanjung Priok di Jakarta ke Purwakarta, lalu nyambung Purwakarta-Bandung.





Stasiun Tanjung Priok

Karena aku tinggal di daerah Ciledug. Otomatis kendaraan yang mudah dijangkau yaitu Busway. Berangkat pagi sekitar jam 7 sampai halte busway Puri Beta. Bayarnya cuma Rp. 3.500,- saja. Dari situ aku transit ke Jakarta Kota. Nah dari situ banyak alternatif lain selain Busway, bisa juga naik kereta api. Cuma karena aku pingin membuktikan dengan hanya mengeluarkan 14ribu rupiah saja sampai Bandung. Aku tetap lanjut menggunakan busway. Sampai di halte busway Jakarta Kota pukul 9.00. Agak lama memang karena busway kan kudu transit2 dulu tuh..Kalo mau murah kaya gini kita emang mesti sabar juga. Setelah naik yang ke arah Tanjung Priok itu sampai pukul 10.00 dikarenakan menunggu busway ke arah Tanjung Priok yang agak lama. Setelah sampai di sana..Walau cuaca diluar panas tapi gak membuat hati ikut panas. Karena fasilitas di Stasiun Tanjung Priok ini bersih terus gak terlalu jorok lah. Di luar Stasiunnya ada Alfamart Express, saat masuk ke dalamnya juga petugasnya gak susah dicari kalo kita perlu nanya-nanya. Untuk WCnya jarang dirawat sih karena baunya ampun-ampunan deh. Perlu sedia tisu sendiri kalau sewaktu-waktu dibutuhkan.


Stasiun ini atapnya luas, mirip dengan Stasiun Kota. Gedungnya punya style perpaduan neo classic kolonial sih kata blogger-blogger lain. Dibuka kembali untuk umum tahun 2009, PT. KAI emang merenovasi bangunan ini. Di dalamnya terasa banget nuansa kolonialnya. Selain itu, banyak kontainer-kontainer yang siap dikirim melalui kereta di sini. Letaknya persis di samping pelabuhan. Aku gak terlalu paham struktur atau tipe bangunan jadi hanya menulis ulang dari kata-kata para blogger yang paham akan arsitektur gitu. 



Suasana di dalam Stasiun Tanjung Priok

Ini keadaan di luar Stasiun Tanjung Priok

Saat keluar dari Stasiun ini, terdapat terminal, halte busway, dan juga lokasinya dekat pelabuhan. Adapula Alfamart Express kalau mau belanja-belanja snack saat lapar. Dan yang perlu kalian ingat, kalian perlu memanage waktu dengan baik agar saat kalian tiba di Stasiun Tanjung Priok ini, kalian gak akan ketinggalan kereta. Mengingat hanya jam-jam tertentu saja loket tiket kereta api kelas ekonomi ini dibuka. Jadi kalo kalian telat. Duh wassalam deh harus menunggu lagi di jam-jam berikutnya dan akan bentrok dengan jadwal kereta di stasiun lain nantinya.


Ini jadwal KA Walahar Express (Jakarta - Purwakarta)

Perjalanan dari Jakarta ke Bandung, harus transit di Stasiun Purwakarta. Beli tiket on the spot harganya sekitar Rp. 6.000 saja, dapat tiket kereta Walahar Ekspress. Kereta ini adalah kereta ekonomi. Kereta ekonomi sekarang beda sama kereta api jaman baheula, udah bersih dan ber AC. Saat itu penumpang dari Jakarta tidak terlalu padat, tiketnya pun tanpa no. kursi jadi kita bisa duduk di mana aja. 


Dikarenakan tiba di Stasiun Tanjung Priok pukul 10.00 jadinya baru bisa dapet kereta api yang berangkat pukul 11.05. Kereta berangkat pukul 11.05 dan bakal tiba di Stasiun Purwakarta pukul 13.45 (menurut tiket). Di Jabodetabek, kereta ini akan melewati Stasiun Ancol, Rajawali, Kemayoran, Pasar Senen, Gang Sentiong, Kramat, Pondok Jati, Jatinegara, Cipinang, Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, Rawa Bebek, Kranji, Bekasi dll (lihat jadwal kereta diatas). Setelahnya akan berhenti tiap stasiun hingga Stasiun Purwakarta. Namanya juga kereta ekonomi jadi kita harus extra sabar.


Stasiun Purwakarta

Saat itu sampai di Stasiun Purwakarta sesuai tiket pukul 13.45 karena keretanya juga santai dan berentinya pun tidak terlalu lama. Untunglah padahal biasanya suka ngaret-ngaret namanya juga kereta ekonomi. Jadi kalian harus pinter-pinter memanage waktu agar tiba di stasiun gak mepet banget.

Suasana saat tiba di Stasiun Purwakarta

Saat beli tiket selanjutnya, Purwakarta - Bandung, bisa beli on the spot juga. Tapi loketnya baru dibuka pukul 15.00. Jadi kita masih banyak waktu buat cari makan atau minum. Kalo keluar area stasiun sih, ada beberapa warung. Tapi aku lebih pilih duduk dan menunggu saja karena tadi saat di Stasiun Tanjung Priok sudah membeli beberapa snack. Lagipula tempat duduknya cuma sedikit jadi kebanyakan orang-orang yang tidak kebagian tempat duduk harus berdiri. Dan itu bikin macet jalanan sih. 

KA Cibatuan (Purwakarta-Bandung)



Tiketnya sudah dibuka sehingga banyak orang yang langsung otomatis mengantri di depan loket pembayaran. Setelah mendapat tiket tersebut kita langsung check in ke dalam. Sekitar 1jam kereta tujuan akhir Cibatu  datang. Tiket kereta ini harganya sekitar Rp. 8.000, berangkat pukul 16.00 dan tiba di Bandung pukul 18.21. Lumayan on time lah sampai detik ini. Ohiya, jangan sampai ketiduran karena kereta ini berhenti cuma untuk menurunkan penumpang. Kurang lebih 10menit udah jalan jadi jangan sampai keterusan ya ^_^


Ini jadwal KA Lokal Cibatu 

Ada beberapa stasiun yang berhentinya cukup lama sehingga sampai Bandung tepat jam 7 kurang. Saat kereta sampai di Bandung pun suasana sudah mulai terasa dingin. Kalau yang lagi buru-buru, sangat tidak disarankan untuk naik kereta ini. Buat yang santai dan hemat, recommended banget. Apalagi kalau rombongan, bakalan seru dan berasa lagi berpetualang. Semoga bermanfaat~










rekomendasi: https://ranselbertopeng.blogspot.com/2017/06/kereta-jakarta-bandung-hanya-14-ribu.html

6 komentar:

  1. Wah menarik sekali tulisannya mb.cita - cita sekali bisa travelschooling sama anak2 ke bandung jakarta. Jalan - jalan dengan kendaraan umum nih menarik banget..banyak banget yang bisa dipelajari. Terima kasih mb tulisannya

    BalasHapus
  2. Tapi kalau saya yang mau ke Bandung tetap habis banyak mbak karena saya dari Surabaya.. huhuhu. Pengen banget ke Bandung, sayang lagi pandemi, masih worry.

    BalasHapus
  3. Dulu jaman masih single saya suka backpacking begini. Cari murah & pengalamannya. Sekarang sejak punya buntut koq maju mundur ya, kebayang ribet bawaannya 😆😆

    BalasHapus
  4. Ishhh murah bangettt... emang paling seru liburan backpackeran tuh.. nggak hanya sebatas kata irit.. 🤩.. tp keseruannya mahalll...

    BalasHapus
  5. Asli saya baru tahu loh bisa ada tiket semurah ini. Biasanya klo dri jakarta ke bandung naik kreta yang harganya 10x lipat dri ini. Makasih banyak sharingnya. Mungkin bisa dicoba saat backpakeran ke bandung.

    BalasHapus
  6. Udah lama banget ga naik kereta api. baca ini jadi kangen banget mau naik kereta api lagi

    BalasHapus