Sabtu, 03 September 2016

PENGALAMAN MENGAJARKAN SEGALANYA

Ya, aku yakin semua orang pasti setuju dengan pendapatku ini. Karena segala hal yang telah terjadi baik sesuatu yang menyenangkan ataupun sesuatu yang menyedihkan pasti pada akhirnya memberikan suatu pelajaran yang berharga bagi hidup kita. Entah hanya sekedar motivasi ataukah hanya sekedar pemahaman akan hakikat hidup ini. Terkadang seseorang pernah lupa bagaimana dan seperti apa masa lalu itu. Jika pernah terbesit bahkan terus mengukir masa lalu itu tandanya diri kamu belum siap untuk menatap masa depan yang mungkin itu adalah kebahagiaan yang kamu tunggu-tunggu.

Pengalaman terindah atau terburuk menjadi makna yang kita syukuri pada posisi kamu sekarang. Jika pada hari ini kamu merasa sedih, cobalah merenung sejenak apa hal yang kamu sedihkan itu berharga atakah berarti untuk masa depanmu?Jika jawabannya Ya. Mungkin kamu perlu tau, bahwa segala hal yang membuatmu sedih merupakan bayaran untuk masa depanmu yang menyenangkan. Karena sejatinya hidup manusia itu seperti roda yang berputar, yang pada saat tertentu kamu akan berada dibawah atau berada di atas. Yang jelas dimanapun posisi kamu saat ini, patut kamu syukuri. Untukmu yang sedang menata masa depan yang gemilang. Lakukan hal ini agar hatimu yang sedang kacau, terluka, atau berantakan itu membuatmu berfikir bahwa hidup ini sangat disayangkan jika kau lupa akan beberapa hal.

1.       Ubah mindsetmu atau cara berfikirmu
Berfikir positif lah untuk masa depanmu, tentu kamu gak akan pernah lagi merasa galau.
2.       Buang semua kenangan yang membuatmu sedih
Tutup rapat-rapat hal yang pernah ada atau hadir dimasa lalu mu meskipun hal tersebut sangat kamu butuhkan tetapi gak ada salahnya kan membuangnya atau menyingkirkan dari pandanganmu.
3.       Tanya pada diri sendiri
Kamu perlu waktu untuk bertanya pada hatimu. Untuk apa kamu hidup?untuk apa kamu berada di posisi saat ini?Hal yang menyedihkan itu pantaskah kamu terus menangisinya?
4.       Hapus air matamu dan tataplah ke langit
Jangan pernah ada air mata mengalir untuk hal yang tidak berguna sedikitpun untuk masa depanmu. Tataplah sejenak ke langit, ada apa disana. Mungkin kamu perlu bimbingan teman, saudara atau keluarga tentang dimana kedamaian dihati berasal.
Untukmu teman-temanku, kita hidup tidak selamanya. Akan ada teman sejati kita yang menunggu dipersimpangan jalan kehidupan. Ya dia adalah kematian. Sebelum itu terjadi dan menghampirimu. Pantaskah kau akan ditempatkan kedalam kedamaian yang abadi?Jika belum, mari kita sama-sama mencari hidayahNya bukan menunggu tetapi mengejar bahkan sampai kau harus merangkak untuk mendapatkannya. Itu berat teman, ya memang berat untuk bisa istiqomah menjemput kembali Ridho Rabb Semesta Alam. Karena sejatinya kita hidup untuk beribadah. Dunia hanya penghias. Dan  jangan tempatkan dunia dihatimu tetapi tempatkan ia genggaman tanganmu. Lalu tempatkan akhirat di hatimu maka segala hal kegundahan, kesedihan, kekecewaan akan sirna dari hatimu. Dan Allah akan mengganti semuanya menjadi indah dan tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.
5.       Sayangi diri sendiri dan Kedua Orangtua mu
Karena seterpuruk-terpuruknya seorang anak hanya Orangtua lah yang membantu mu kembali berdiri dan membangun kepercayaan yang telah sirna dari hatimu.
6.       Tersenyumlah untuk masa depan

Ketika kamu sudah berada di tahap ini. Maka kamu telah berhasil menjadikan pengalaman sangat berarti untukmu. Jangan pernah sesali yang telah lalu tetapi syukuri yang sekarang kamu jalani.


Catatan :
Aku bahagia dengan apa yang aku miliki saat ini. Jadi pesanku adalah Sayangi Orangtuamu, prioritaskan mereka dari apapun. Maka kamu akan menyadari bukan waktu lah yang mempermainkan kita tetapi,,, kita lah yang mempermainkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar